Sebuah wadah untuk menambah rasa cinta tanah air, peduli terhadap KKN, untuk meningkatkan moral bangsa

Rabu, 13 Maret 2013

PEMBERANTASAN KKN SEBUAH KENISCAYAAN ?


PEMBERANTASAN KKN SEBUAH KENISCAYAAN ?
Sebuah renungan paska hari anti korupsi se Dunia
Oleh : Kisyanto SM.
Sepintas dari judul diatas, ada kesan keraguan, psimistis, putus asa atau penistaan  terhadap upaya pemberantasan Korupsi, kolusi, nepotisme, pungli, suap, manipulasi dan sejenisnya yang lebih dikenal dengan istilah KKN. Namun jika ditilik lebih dalam itulah sebuah kenyataan yang dihadapi bangsa ini. Betapa tidak, tiap hari  baik di media elektronik, cetak atau dipidato-pidato para pejabat, anggota dewan yang terhormat semua membahas itu, semua mencaci, mengecam bahkan melaknat pelaku KKN. Bahkan  mahasiswa terus aktif turun jalan bersama penggiat anti KKN untuk terus menerus menyuarakan anti KKN sekalipun mereka  harus berhadapan dengan keamanan negeri ini. Namun angka kejahatan KKN bukan semakin turun, melainkan kejahatan KKN semakin menjadi-jadi, semakin merata diseluruh penjuru negeri.
KKN sudah merata dimana-mana  bagai wabah  yang melanda bangsa. Dahulu  adanya hanya   di kantor-kantor pemerintah, kini  juga  terjadi di kantor  swasta, di sekolah bahkan di mushollah, di bandara, di lapangan bola juga dalam penjara, di dalam kereta, di jalan raya sampai di sawah.
KKN sudah menjadi penyakit kronis semua anak bangsa, mulai dari mereka yang terhormat, pangkat, pejabat , petani  sampai kuli. Bahkan tidak terasa mungkin kita sendiri sudah menjadi bagian dari pelaku KKN di bumi pertiwi ini. Begitu parahnya kondisi KKN di negeri ini, sehingga membuat rakyat jadi melarat, Negara jadi sengsara bahkan telah mendatangkan adzab dari Tuhan YME.
Sindiran  para seniman jawa berbunyi,  “Wal keduwal, mbuh celana mbuh suwal, mbuh sepatu mbuh sandal, mbuh watu mbuh ungkal, mbuh ulo mbuh kadal, mbuh haram mbuh halal pokok kontal yo diuntal”, kini sudah benar-benar terjadi dan nyata  adanya.
Apakah  yang menjadi penyebab terjadinya KKN di negeri ini, apakah karena kemiskinan, apakah karena tidak tegasnya aturan atau karena rendahnya rasa nasionalisme dan tingkat keimanan, ataukah ada faktor lain yang sudah menjadi ketentuan Tuhan. Tentu  jawabnya semua faktor diatas ikut berperan  menjadi penyebab terjadinya KKN.
Terlebih  faktor rendahnya rasa nasionalisme dan keimanan masyarakat, paling banyak member pengaruh terhadap terjadinya KKN di negeri ini. Sebagai contoh, dahulu orang berpikir apa yang bisa kusumbangkan untuk negeri ini, kini terbalik apa yang bisa kudapatkan dari negeri ini. Dahulu orang tidak banyak yang memahami aturan agama secara matang, tetapi keyakinan dan keimanan mereka pada Tuhan YME sangat kuat, sehingga mereka amat sangat takut berbuat kesalahan pada Tuhan.   Saat  ini pemahaman keagamaan masyarakat sangat kuat, namun keyakinan dan keimanan kepada Tuhan YME semakin melemah, sehingga rasa takut berbuat salah semakin hilang entah kemana. “ cari yang haram saja sulit apalagi yang halal” itulah semboyan mereka.
Melihat kondisi seperti ini kita semua diingatkan oleh karya pujangga besar Ronggo Warsito  Jaman akhir jaman edan, sing ora edan ora kumanan, sak bejo-bejane wong lali isih bejo wong sing eling lan waspodo”. Ini berarti kita semua sudah berada pada jaman akhir, masa dimana penghuni negeri ini bagaikan orang gila, bagaikan orang mabuk yang tak lagi bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk, mana yang hak dan yang batil, mana yang halal dan mana yang haram. Hanya orang-orang yang ingat kepada Tuhannya dan waspada dalam setiap melangkah itulah mereka yang beruntung.
Jauh sebelum Ronggo Warsito, pemimpin umat, utusan Tuhan nabi besar Muhammad SAW., telah memberikan peringatan kepada kita semua, dalam sebuah sabdanya yang artinya lebih kurang “akan datang suatu masa dimana pada masa tersebut semangat hidup sesorang ditentukan dari perutnya, kemulyaannya dari harta bendanya, pandangan hidupnya adalah wanita-wanitanya, agamanya adalah kekayaannya, yang demikian itu kata nabi sejelek-jelek mahluq dihadapan Allah SWT. dan sungguh mereka itu golongan orang yang merugi”.
Kalau  kerusakan yang terjadi di negeri ini dalam bentuk merajalelanya tindakan KKN ini merupakan tanda-tanda zaman akhir, tentunya hal tersebut tidak mengkin dapat dihilangkan   yang berarti KKN akan tetap terus ada dan semakin tumbuh subur seiring dengan tuanya umur dunia ini.
Namun demikian bukan berarti kita memperbolehkan bahkan ikut berbuat KKN, atau kita diam tanpa harus berbuat sesuatu terhadap kemungkaran yang berlebel KKN ini. Kita  tidak boleh berhenti apalagi putus asa untuk  menyuarakan anti KKN  tentunya dengan cara yang bijak, dalam rangka amar makruf nahi mungkar sesuai dengan posisi kita masing-masing. Agar  diri kita, keluarga  dan penduduk negeri ini tidak termasuk golongan orang edan, golongan orang yang merugi bahkan golongan sejelek-jelek mahluq dihapapan Allah SWT, dan  dapat terhindar dari bahaya api neraka, karena sabda nabi “yang menyuap dan yang disuap dalam neraka”, naudzu billahi min dzalik.
Sebagai bangsa yang beriman, bangsa yang dikenal religious, kita tidak boleh lupa bahwa belenggu KKN ini adalah ujian dan cobaan dari Tuhan YME, maka selalu berdoa mohon perlindungan-Nya mutlak harus  kita lakukan. Karena  hanya Allah lah yang kuasa atas segalanya. Karena tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari-Nya. 
Akhirnya  penulis berdo’a “Ya Allah Ampunilah dosa-dosa kami yang telah berbuat korupsi, kolusi, pungli, suap dan manipulasi, yang telah memporak prandakan tatanan kehidupan ber bangsa dan ber negara ini. Sejujurnya  tak satupun kami sepakat, kami saling mengumpat, saling menghujat bahkan melaknat. Tapi karena iman kami tak kuiat, maka kami pun ikut berbuat. Tuhan kuatkanlah iman di dada kami, jauhkan kami dan bangsa kami dari belenggu ini, karena sedikitpun kami tak kuasa menghindari. Hanya atas Kuasa dan Pertolongan-Mu Tuhan kami dapat terbebas dari perbuatan laknat ini”.  


                                                                                          Penulis adalah Direktur  The MORALISM Center”
                                                                                          www.moralism.blogspot.com























Description: KEPALACURICULUM VITAE
Nama Lengkap                          :   Drs. Kisyanto SM., SE, MM
Tempat/Tanggal Lahir            :   Sidoarjo / 09 April 1962
Alamat Rumah                          :   Keboharan RT 04 RW 01 Krian 031-8974411
Kabupaten/Propinsi               :   Sidoarjo / Jawa Timur
Alamat Kamtor                          :   Jl. Raya Sarirogo 481 Sidoarjo (031) 8949982
Pendidikan Terakhir                :   S-2
Pekerjaan                                   :   1.   Guru Swasta (Kepala SMK YPM 8 Sidoarjo)
2.       Dosen LB Pengembangan Masyarakat IAIN Surabaya
3.       Peksos. Pemberdayaan Masyarakat “Care International”
4.       Peksos. Pembinaan Lingkungan “JTZ Jerman”
5.       Peksos. Pengembangan Masyarakat Sekitar Hutan “FADO”
6.       Trainner Nasional
Nama Istri                                   :   Nur Madlifah
Nama Anak                                 :   1.  Rastra Amirotul Haque
                                                            2.  Ahmad Danial Abror
                                                            3.  Rahmah Izza Safira
                                                            4.  Ahmad Mimna’i Fiddin
Pendidikan Formal                  :   1.  Teknik Mesin IKIP Surabaya       (S-1)
2.       Ekonomi Manajemen UWP     (S-1)
3.       MSDM UWP                                   (S-2)
Pendidikan Non-Formal        :  1.  TOT Achievement Motivation Training
2.       TOT Manajemen Perusahaan Kecil
3.       TOT Kader Produktifitas
4.       TOT Leadership, Communication and Team Work
5.       TOT Pengembangan Masyarakat
6.       Desain Pelatihan
7.       School Base Management
8.       Pemanfaatan Energi Pedesaan
Pengalaman Organisasi         :   1.  Ketua Remaja Masjid Desa Keboharan
2.       Sekretaris Karang Taruna Desa Keboharan
3.       Sekretaris Takmir Masjid Desa Keboharan
4.       Sekretaris BAZIS Desa Keboharan
5.       Sekretaris RW I Desa Keboharan
6.       Sekretaris BPD Desa Keboharan
7.       Ketua Pemuda Pecinta Alam Sidoarjo
8.       Ketua Bela Diri Pencak Silat PJ Indonesia
9.       HIMAPALA IKIP Surabaya
10.   LAKPESDAM NU Cab. Sidoarjo
11.   Dept.  Pengemb. Teknik & Ketenagakerjaan HILLSI Sidoarjo
12.   Sie. Pengembangan Pemuda dan Olah Raga KNPI Jatim
13.   Sekretaris LSM Pemerhati Lingkungan “Kedhali Sada”
14.   Ketua LSM  “Wahana Taruna Bhakti”
15.   Ketua K3S SMK Kab. Sidoarjo
16.   Pengurus PonPes. B-BAFR Turen-Malang-Jawa Timur
17.   Direktur  “The MORALISM Center”
Organisasi Politik                      :   Non-Partisan

NPWP :

Description: NPWP PAK KIS.jpg

Nomor Rekening

An.                         KISYANTO SM., SE. MM
No Rekening      0262759512
Nama Bank        BANK JATIM Cab. SIDOARJO

NOMOR HP :   081333575789

Tidak ada komentar:

Posting Komentar